Magelang, Jawa Tengah


Candi Borobudur memuat 2672 panel relief yang jika disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km.

Relief Candi Borobudur terbagi menjadi 4 kisah utama, yaitu: Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, serta Gandawyuha. Selain mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajarannya, relief Candi Borobudur juga merekam kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu.

Untuk mengikuti cerita yang terpahat di Candi Borobudur, pengunjung harus berjalan searah jarum jam dari pintu timur. Setelah tiba di titik awal barulah naik ke tingkat berikutnya. Demikian berulang hingga mencapai puncak Candi Borobudur. Ritual ini disebut pradaksina.


JAM BUKA DAN TIKET MASUK CANDI BOROBUDUR

Candi Borobudur buka setiap hari pk 06:00 sampai pk 17:00. Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Borobudur adalah pagi-pagi sekali, saat udara masih segar. Bila ikut paket Borobudur Sunrise (Rp350.000/orang), kita bisa masuk candi mulai pk 4:30 lewat Manohara.

Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah Rp50.000 untuk dewasa, dan Rp25.000 untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon 50% untuk rombongan pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang.


HOTEL DEKAT CANDI BOROBUDUR

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur akan menginap di Jogja. Mungkin karena lebih banyak pilihan hotel. Mungkin juga karena Candi Borobudur mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum dari Jogja.

Bila Anda ingin menginap di sana, ada banyak hotel dekat Candi Borobudur. Satu-satunya hotel di dalam kompleks Candi Borobudur adalah Hotel Manohara.

  • Amanjiwo Borobudur Resort

    Amanjiwo Borobudur Resort adalah hotel mewah di Bukit Menoreh, dekat Candi Borobudur. Banyak wisatawan menyukai privasi dan kemewahan yang ditawarkan hotel ini. Harga mulai Rp8.500.000/malam.

  • Plataran Borobudur Resort

    Plataran Borobudur Resort adalah resor mewah yang terletak 1 km dari Candi Borobudur. Resor ini dekat Punthuk Setumbu, tempat yang sangat cantik untuk menyaksikan matahari terbit dari atas bukit dengan pemandangan langsung ke Candi Borobudur. Harga mulai Rp4.000.000/malam.

  • Plataran Heritage Borobudur Hotel

    Hotel ini bersebelahan dengan Plataran Borobudur Resort. Bangunannya 5 tingkat dengan banyak kamar sehingga harga lebih terjangkau, tetapi tidak mengurangi kemewahan yang ditawarkan. Harga mulai Rp1.600.000/malam.

Tenang, tidak semua hotel dekat Candi Borobudur itu mahal-mahal. Banyak juga kok losmen dan penginapan murah dekat Candi Borobudur, antara lain Lotus Guest House, Hotel Lumintu, Hotel Bhumi Sambhara. Rata-rata tarifnya masih di bawah Rp200.000/malam.